Rabu, 23 November 2011

Apakah penting memilih Kepala Sekolah berkualitas ?

Siapakah yang paling berperan terhadap mutu suatu sekolah: Guru, Kepala Sekolah, Pengawas, UPTD, Kepala Dinas Pendidikan, atau Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ?. Kebanyakan responden memilih jawaban GURU. Memang tidak salah, tetapi tidak sepenuhnya benar karena sebagai satu kesatuan organisasi pendidikan, guru merupakan salah satu elemen saja. Elemen lain yang tak kalah pentingnya adalah Kepala Sekolah (Kepsek).

Kepsek merupakan penguasa tunggal dalam satu satuan pendidikan yang menjadi kepanjangan tangan dari semua kebijakan dari tingkat lokal, regional dan nasional. Kepsek harus bisa mengelaborasi dan menterjemahkan tujuan pendidikan nasional. Kepseklah yang melakukan pengendalian, pengontrolan dan penilaian terhadap sekolahnya sendiri secara internal. Seluruh warga sekolah akan menggantungkan keputusan akhir dari suatu kebijaksanaan sekolah kepada Kepsek.

Berdasarkan PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 13 TAHUN 2007 TANGGAL 17 APRIL 2007 TENTANG STANDAR KEPALA SEKOLAH/ MADRASAH syarat umum Kepala Sekolah/Madrasah adalah sebagai berikut:

a. a. Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S1) atau diploma empat (D-IV) kependidikan atau nonkependidikan pada perguruan tinggi yang terakreditasi;

b. b. Pada waktu diangkat sebagai kepala sekolah berusia setinggi-tingginya 56 tahun;

c. c. Memiliki pengalaman mengajar sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun menurut jenjang sekolah masing-masing, kecuali di Taman Kanak-kanak /Raudhatul Athfal (TK/RA) memiliki pengalaman mengajar sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun di TK/RA; dan

d.d. Memiliki pangkat serendah-rendahnya III/c bagi pegawai negeri sipil (PNS) dan bagi non-PNS disetarakan dengan kepangkatan yang dikeluarkan oleh yayasan atau lembaga yang berwenang.


Dari persyaratan di atas tersurat bahwa umur kepsek yang diinginkan adalah umur-umur produktif sampai batas 56 tahun. Sebelum umur tersebut diyakini seseorang mempunyai pengalaman yang cukup tetapi masih mempunyai energi yang cukup untuk mengemban dan mengembangkan sekolah mencapai prestasi yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar